Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 1.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 1.000.000.000

Fitur Lainnya
We found 0 results. Lihat Hasil
Pencarian Lengkap

Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya
we found 0 results
Hasil pencarian

TIPS LENGKAP MEMBELI RUMAH PERTAMA

Posted by PROPERTINDO 123 on April 14, 2017
| Info
| 0

Memiliki merupakan idaman seluruh pasangan yang baru menikah apalagi rumah merupakan kebutuhan pokok seluruh manusia. Rumah yang dijual pada masa sekarang sangat beragam dan berbeda mulai dari besar, hingga lokasinya. Membeli rumah itu gampang-gampang sulit. Apalagi Anda yang baru pertama kali akan membeli rumah. Belum lagi cara pembayaran yang akan Anda pilih pun sangat mempengaruhi proses yang akan Anda lewati. Anda keluarga baru atau Anda yang sedang berencana untuk membeli rumah pertama? Jangan remehkan sejumlah hal di bawah ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Juga, proses transaksi Anda bisa berjalan dengan lancar. Berikut tips praktis bagi Anda yang ingin membeli rumah pertama:

 

1) Pikirkan Tujuan Jangka Panjang Anda

Apa tujuan Anda membeli rumah? Apakah benar-benar sebagai tempat tinggal Anda? Jangan sekadar membeli rumah tapi kemudian tidak Anda tempati, terutama jika Anda membelinya dengan cara mencicil. Utamakan rumah sebagai tempat tinggal telah aman dalam genggaman Anda, bukan sekadar membeli karena harganya yang murah tapi lokasinya yang terlalu jauh membuat Anda enggan tinggal di sana dan memilih untuk menyewa apartemen atau mengontrak rumah di pusat kota. Hal ini bisa saja Anda lakukan jika rumah yang Anda beli telah lunas dan hendak menjadikannya investasi. Hindari untuk memberatkan keuangan Anda dengan mencicil rumah sembari membayar uang sewa untuk apartemen atau kontrakan.

2) Pilih Jenis Rumah yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Tentukan luas rumah yang Anda butuhkan, serta berapa jumlah kamar dan ruang lainnya yang Anda perlukan. Apakah Anda lebih suka dengan rumah bergaya modern atau tradisional? Apakah Anda ingin tinggal di perumahan dengan tampilan rumah yang seragam atau membeli rumah yang kelak bisa Anda ubah sesuka hati Anda? Dengan memikirkan hal ini akan membantu Anda untuk tidak gegabah dengan sembarang membeli rumah. Ingatlah membeli rumah merupakan pembelian terbesar dalam hidup Anda. Perinci dengan detail rumah seperti apa yang Anda butuhkan.

3) Dapatkan Informasi Sebanyak Mungkin

Sebelum membeli rumah idaman, pastikanlah bahwa Anda telah mencari semua informasi dengan teliti dan detail, khususnya informasi mengenai pembiayaan yang akan dipilih untuk membiayai pembelian rumah. Tips untuk melakukan hal ini adalah lihat dengan jeli dan cermat tabel cicilan Anda selama periode kredit. Bandingkan berapa besar perbandingan utang pokok dan bunga di awal periode kredit, serta berapa lama bung tetap yang berlaku. Tips ini disarankan untuk Anda, karena banyak orang yang membeli rumah pertama mereka dilandasi oleh keputusan rekomendasi dari teman dan kerabat.

4) Mendatangi Pameran Properti

Rajin-rajinlah mendatangi pameran properti dan rumah yang diadakan. Anda bisa dengan leluasa memilih beragam pilihan rumah yang sesuai dengan kriteria. Dengan melihat berbagai pilihan, Anda bisa mengkalkulasi kekurangan dan kelebihan rumah-rumah yang telah menarik perhatian Anda. Anda juga bisa bertanya-tanya langsung dan mendapatkan informasi lebih jelas mengenai rumah yang sedang Anda cari.

5) Konsultasikan dengan Agen Properti

Jika banyak hal yang memang Anda kurang pahami mengenai pembelian rumah, Anda bisa berkonsultasi dengan agen properti. Agen akan membantu Anda mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda. Agen juga akan membantu Anda dalam prosesnya seperti negosiasi, mendapatkan pinjaman hingga menyelesaikan dokumen yang diperlukan. Jika Anda membeli rumah dari pengembang properti, periksa rekam jejak pengembang tersebut. Cari tahu melalui internet adakah komplain yang cukup parah dari para pembelinya.

6) Track Record Developer

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah yang baru, ada baiknya lihat dulu siapa pengembangnya. Bagaimana track record developer selama ini. Apakah sering terlambat untuk serah terima rumahnya? Bagaimana kualitas bangunan di project-project perumahan sebelumnya. Untuk mengetahuinya Anda bisa mencari testimoni tentang perumahan atau developer itu di internet. Pastikan Kapan Serah Terima Unit dan tanyakan ke developer, kapan Anda bisa menempati unit rumah yang Anda beli. Jika terjadi keterlambatan, konsekwensi apa yang akan diterima oleh developer.

7) Perhatikan Kawasan Sekitar Rumah

Selain memperhatikan biaya dan kondisi rumah itu sendiri, jangan lupa kalau kondisi sekitar rumah juga tak kalah penting. Anda tidak mau tinggal di dalam rumah idaman namun jalan keluar dan kondisi lingkungan sekitar tidak mendukung, bukan? Perhatikan jalan utama yang mengubungkan rumah Anda dengan pusat kota dan lokasi-lokasi penting, seperti rumah sakit, kantor Anda, bandara, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari rumah Anda untuk ke sana? Apakah jalanan sekitar mudah diakses? Hal-hal ini sangat penting, apalagi jika target Anda untuk tinggal di rumah ini adalah untuk jangka waktu yang lama.

8) Lingkungan

Jika Anda adalah pasangan yang baru menikah atau keluarga muda, memperhatikan kondisi lingkungan menjadi hal yang cukup penting. Apakah lingkungan tempat tinggal Anda cukup kondusif untuk tempat tumbuh kembang anak Anda. Perkembangan anak di sini tidak hanya fisik tapi juga psikologis. Pertimbangkan untuk memilih lingkungan yang asri serta banyak pepohonan.

9) Kelengkapan Fasilitas

Anda bisa memilih rumah sesuai keinginan Anda dengan beragam fasilitas yang ditawarkan oleh developer. Fasilitas setidaknya bisa kita lihat baik fasilitas intern dan ekstern. Intern biasanya meliputi fasilitas ibadah, tempat olahraga, taman bermain. Dan yang tidak kalah pentingnya juga yaitu fasilitas ekstern seperti kedekatan perumahan itu dengan rumah sakit, sekolah, pasar dan tempat rekreasi keluarga, turut menjadi faktor penentu pilihan bagi pembeli.

10) Lokasi

Lokasi merupakan faktor paling penting ketika kita membeli rumah. Maka wajar jika di dunia properti orang mengenal istilah, lokasi, lokasi dan lokasi. Tidak hanya pembeli rumah pertama, semua orang akan melihat lokasi sebagai hal yang utama dalam membeli rumah. Lokasi berkaitan dengan akses transportasi, ketersediaan fasilitas umum, aman tidaknya dari bahaya banjir dan sebagainya.

Rumah berharga murah umumnya terletak jauh dari pusat kota. Jika Anda tetap ingin membelinya, perhatikan apakah akses dari rumah Anda menuju jalan utama cukup dekat? Perhatikan juga apakah letak rumah Anda dekat dengan pertokoan, pusat perbelanjaan, rumah sakit, sekolah, dan lainnya. Jika lokasi yang Anda pilih jauh dari tempat Anda bekerja, pikirkan juga berapa ongkos yang harus Anda keluarkan berserta kelelahan yang Anda dapatkan. Ingatlah bahwa membeli rumah sebagai tempat tinggal berarti rumah ini akan Anda tempati untuk jangka waktu yang lama, jadi jangan sampai menyesal di kemudian hari.

11) Harga

Anda perlu merencanakan terlebih dahulu, berapa harga rumah yang mau Anda beli? Sehingga Anda lebih fokus di perumahan yang menawarkan harga sesuai yang Anda inginkan. Dengan demikian Anda bisa menghemat waktu untuk kegiatan Anda lainnya.

12) Menentukan Cara Pembayaran

Umumnya cara-cara pembayaran rumah yang ditawarkan oleh pengembang adalah tunai keras, tunai bertahap, dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tunai keras mungkin bisa dilakukan jika Anda memiliki keuangan yang cukup. Para developer akan memberikan diskon besar bagi pembeli rumah dengan cara tersebut. Namun sebaiknya dihindari jika Anda tidak mampu membayar sekaligus dalam nominal yang sangat besar, dengan kata lain jika Anda perlu membayarnya dengan cicilan. Kalian yang memilih untuk menyicil dan kemampuan keuangannya pas-pasan, cara membayar dengan KPR dan tunai bertahap akan menjadi pilihan yang lebih aman.

13) Biaya Tambahan

Setelah menentukan cara membayar rumah Anda, tentukan juga biaya tambahan diluar harga beli rumah itu sendiri, seperti PPn, KPR, biaya peningkatan BPHTB, dan lainnya. Untuk kisaran harganya tidak dapat ditentukan secara pasti, karena tentunya beragam di setiap rumahnya, namun dapat dialokasikan sekitar 15 – 20 persen.

14) Kondisi Rumah

Periksa kualitas dan kondisi keseluruhan calon rumah baru Anda. Jangan sampai Anda menemukan kecacatan serius yang ditutupi oleh penjual rumah. Jika ditemukan hal tersebut, Anda perlu bernegosiasi dengan pemilik rumah, apakah akan mendapat potongan harga, atau penjual bersedia melakukan perbaikan, atau bahkan Anda berhak membatalkan pembelian.

15) Siapkan Dana Darurat untuk Rumah Anda

Dengan memiliki rumah baru bisa saja akan ada biaya besar yang tak terduga, seperti Anda ingin memasang pemanas air, pendingin ruangan, dan pembelian furnitur baru atau dana lain yang tidak terhitung sebelumnya. Belum lagi untuk perawatan yang tentunya bisa memakan biaya yang lumayan. Jadi, mulailah siapakan dana darurat jauh sebelum Anda mengeluarkan biaya untuk membeli rumah.

16) Rumah Diserahkan Dalam Kondisi Baik

Setelah mengecek kondisi rumah beserta biaya-biaya yang dibutuhkan, pastikan bahwa kondisi rumah yang ditawarkan adalah dalam kondisi baik, dengan kata lain rumah tersebut berada pada keadaan maksimal. Apakah terdapat kerusakan-kerusakan kecil? Jika ternyata terdapat kerusakan, dan Anda harus memperbaikinya sendiri, tahukkah bahwa biaya untuk merawat dan memeprbaiki rumah yang baru dibeli adalah sekitar 1%-3% dari harga rumah itu sendiri? Sepintas memang kecil, namun lebih baik teliti dalam membeli daripada mengeluarkan biaya yang bisa dicegah. Jika ditemukan kerusakan, langkah yang harus dilakukan adalah minta kepada penjual untuk memperbaiki kerusakan, meminta jaminan, atau garansi kerusakan untu suatu periode, seperti 6 bulan atau 1 tahun. Jika terjadi kerusakan dalam periode itu, penjual harus membayar biaya perbaikan.

Demikian beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan selamat memilih rumah pertama Anda!

Baca pula: Kumpulan Berita & Info Terkini


Share and like this:

  • AGENT, AGENCY & DEVELOPER SEARCH