Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 1.000.000.000

Fitur Lainnya

Rp. 1 s/d Rp. 1.000.000.000

Fitur Lainnya
We found 0 results. Lihat Hasil
Pencarian Lengkap

Rp. 1 s/d Rp. 100.000.000.000

Fitur Lainnya
we found 0 results
Hasil pencarian

BLOCKCHAIN DAN PERKEMBANGANNYA

Posted by PROPERTINDO 123 on April 25, 2017
| Info
| 0

BlockChain dan Perkembangannya | Apa itu blockchain? Blockchain atau Hyperledger* adalah leger data transaksi online otomatis yang tersimpan dan bisa diakses secara public (Begitulah kira-kira definisi saya secara umum).  * Hyperledger is an open source collaborative effort created to advance cross-industry blockchain technologies. It is a global collaboration, hosted by The Linux Foundation, including leaders in finance, banking, IoT, supply chain, manufacturing and technology ( source :  www.hyperledger.org )

Seperti yang ditulis oleh seorang venture capitalist terkenal yang bernama Marc Andreessen: “Untuk pertama kalinya, Blockchain memberikan kesempatan kepada seorang pengguna Internet untuk mengirimkan sebuah properti digital yang unik ke pengguna internet yang lain. Transaksi yang terjadi dapat dijamin aman, dan semua orang dapat mengetahui bahwa suatu transaksi telah terjadi dan tidak ada seorangpun yang dapat melawan fakta tersebut.”

Bahkan mencatat hari pernikahannya di dalam buku besar Blockchain dengan cara memasukkan janji nikahnya ke dalam sekian banyak transaksi yang terjadi di dalam teknologi tersebut, untuk menunjukkan bahwa janji mereka akan selamanya tercatat di sebuah buku besar digital yang tidak akan bisa diubah oleh siapapun. Jika sebuah pemerintahan menggunakan Blockchain untuk mencatat segala macam bentuk perjanjian atau transaksi, akan menjadi mustahil bagi seseorang untuk melakukan aksi korupsi. Tidak ada komputer satu pun yang mampu mengubah transaksi yang sudah tercatat di dalam Blockchain, sehingga “smart contracts” yang menggunakan teknologi ini dapat menunjukkan secara tepat dan detil kemana uang mereka mengalir—yang akan menjadi suatu bentuk akuntabilitas yang jauh lebih baik daripada yang ada sekarang. Sebuah perusahaan tidak akan dapat memalsukan rekeningnya. Semua transaksi pengiriman uang dari lembaga pemerintahan akan tercatat.

Blockchain yang paling terkenal adalah blockchain pada bitcoin. Transaksi yang terjadi disemua jaringan akan tersimpan dalam blockchain dan bisa diakses oleh publik. Bahkan sampai asal atau alur transaksi bisa di lacak. Namun nama pemilik rekening tidak disebutkan hanya berupa kombinasi huruf dan angka yang jumlahnya lebih dari 32 digit ( seperti itulah alamat bitcoin contoh alamat bitcoin 12VJeEhx5D1j5B54wpo6iiAcwrS4YTfT1F).

Apa Kegunaan BlockChain

Blockchain sangat berguna untuk perusahaan maupun individu. Bitcoin blockchain sudah dikembangkan menjadi berbagai proyek seperti, exchanger, payment gateway, aplikasi pembayaran, toko online, dan masih banyak lagi.

Yang sekarang lagi ramai adalah etherium blockchain, ( berbeda dengan bitcoin blockchain). Etherium blockchain bisa digunakan untuk mentransfer digital aset dan tidak harus masalah keuangan. “Sebuah perusahaan raksasa bidang energy di Jerman RWE (Rheinisch-Westfälisches Elektrizitätswerk) bekerja sama dengan pengembang blockchain Etherium mengembangkan teknologi untuk pengisian batere pada mobil elektrik. Pengisian batere pada mobil elektrik biasa dilakukan di stasiun pengisian listrik, namun kali ini pengisian energy listrik bisa dilakukan dengan teknologi Blockchain Etherium di bawah induksi lampu merah”.

Saat ini banyak perusahaan yang mulai menggandeng blockchain developer untuk proyek bisnis mereka. Bagaimana dengan masyarakat Indonesia dengan kehadiran teknologi blockchain. Bitcoin dan cryptocurrency lainya sudah datang dan tidak bisa dibendung, dan mungkin 10 atau 20 tahun mendatang akan menggantikan uang kertas? Sudah siapkah developer kita dengan era digital? Sementara pemerintah masih ribut masalah applikasi angkutan online, bagaimana kalau teknologi blockchain berkembang dan menggusur teknologi perbankan yang berbelit-belit.

Blockchain akan menjadi revolusi besar dalam kehidupan kita setelah internet. Bayangkan saja keterlibatan bank sentral sebagai regulator bank dan bank-bank sebagai perantara antar nasabahnya diminimalkan dengan blockchain dan bukan hanya bidang banking saja, perantara dalam bidang lainnya seperti: trading, law, real estate dll akan ikut terimbas dengan kehadiran teknologi ini. Siapkah Anda nanti dengan kehadiran teknologi ini?

SHARE / LIKE :

Get Propertindo 123 on Google Play atau Snap/Click QR Code dibawah ini:

  • Share and like this:

    • AGENT, AGENCY & DEVELOPER SEARCH